peluncuran-balon-2Puluhan balon melayang di atas langit MA. Al-Musthofa Canggu Jetis menandai diresmikannya program Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang diganti dengan istilah “Magang Berkarya”. Program yang sama sekali baru di MA. Al-Musthofa ini merupakan program yang digadang-gadang bisa menjadikan siswa-siswi siap menyambut program pemerintah yakni Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Salah satu tujuannya adalah agar siswa yang lulus tetapi tidak bisa melanjutkan kuliah mereka bisa langsung kerja atau mungkin bisa membuka usaha sendiri, atau bahkan bisa dipakai tambahan biaya jika mereka melanjutkan kuliah.

“Hal ini kami adakan karena selama ini yang sekolah di sini tidak selalu kuliah meskipun mereka lulus, padahal sekolah kita bukan sekolah kejuruan. Maka kami siasati dengan mengadakan program magang ini, agar dengan biaya murah mereka juga bisa merasakan atmosfir sekolah kejuruan dan tentu saja agar kami tidak menambah lulusan yang menganggur,” jelas H. Chayun, kepala madrasah.

Afif, selaku direktur magang menyampaikan, “Penempatan siswa sama persis yang dilakukan oleh sekolah kejuruan, mereka ada yang di instansi, misalnya Kemenag Kab. Mojokerto, Kantor KPU Kab. Mojokerto, atau di UPT Gedeg, ada yang di home industri yakni pengrajin tas di daerah Jetis, bahkan ada yang di Bengkel Ahass Sidoarjo, dan berbagai perusahaan.”

Tentu saja program ini antusias disambut oleh orangtua siswa, karena mereka merasa seakan-akan anaknya sekolah di kejuruan padahal sejatinya anaknya sekolah di Madrasah Aliyah.

 

pksm-2Sedangkan pada Sabtu (7/10), H. Chayun meresmikan program kedisiplinan dan kemandirian siswa berupa Pasukan Keamanan Sekolah/Madrasah (PKS/M). Tugas utama dari PKS/M ini adalah menyeberangkan teman-teman mereka.

Sebagaimana diketahui, MA. Al-Musthofa terletak di pinggir jalan raya Canggu – Jetis, dan sering terjadi kecelakaan. Upaya ini sekaligus meminimalisir insiden kecelakaan yang sering terjadi di depan madrasah karena kurangnya tenaga yang menyeberangkan.

Tentu saja mereka bertugas tidak serta merta karena sebelumnya anggota PKS/M ini selama 3 bulan mengikuti pendadaran langsung dari anggota kepolisian Polsek Jetis dari mulai kegiatan dasar yakni baris berbaris sampai dengan memahami dengan benar peraturan tata tertib berlalu lintas.

Selain menyeberangkan, secara berkala anggota PKS/M juga ikut membantu Bapak Ibu Guru dalam menertibkan teman-teman mereka sendiri, yang meliputi, kedisiplinan masuk, berpakaian, dan berkeliling madrasah agar tidak ada lagi siswa yang ke sana kemari tidak mengikuti pelajaran. (AH)

 

pksm-1

Foto Bersama: Pasukan Keamanan Sekolah/Madrasah (PKS/M), Kepala Madrasah (H. Chayun, S.Pd.I.) dan Pembina PKS/M (Pak Fauzi)

penanda-tanganan-mou-di-kemenag

Penyerahan Peserta: H. Chayun, S.Pd.I menyerahkan peserta magang kepada perwakilan Kantor Kemenag Kab. Mojokerto

magang-di-tempat-kerja

Kebersamaan: Pemilik PM Computer dengan peserta magang berkarya


haris

Haris (IT Yayasan Al-Musthofa)

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *