Menjawab Dahaga Masyarakat

 

Madrasah Tsanawiyah Al-Musthofa, adalah sekolah menengah pertama berciri khas Islam yang berdiri pada tahun 1988. Madrasah Tsanawiyah selanjutnya disingkat MTs.

Munculnya MTs. Al-Musthofa ini sebagai jawaban atas kecemasan masyarakat Kec. Jetis khususnya Desa Canggu atas serbuan budaya barat yang notabene banyak bertentangan dengan sendi budaya bangsa.

Ini karena di daerah Kec. Jetis tidak ada MTs, masih ada 1 MTs saja yaitu MTs. Darul Ulum Ngabar padahal siswa umur jenjang SMP semakin banyak sehingga mereka banyak yang sekolah di luar kecamatan. Akhirnya tercetuslah ide untuk mengumpulkan seluruh Kepala MI se Kec. Jetis wilayah timur. Dari kesepakatan rapat Kepala MI KKM(Kelompok Kerja Madrasah) inilah diputuskan untuk mendirikan MTs di Kec. Jetis wilayah timur. Akhirnya, rapat Kepala MI memutuskan mendirikan MTs. Al-Musthofa dengan pertimbangan letak area yang sangat strategis dibanding daerah yang lain.

Bapak Abd. Munif (Alm) yang ditunjuk langsung sebagai kepala sekolah MTs. Al-Musthofa pada tahun 1988  yang didukung oleh guru-guru yang berasal dari Kepala MI wilayah sekitar MTs. Al-Musthofa, seperti Bpk. Aliman. HS (Kepala MI. Darunniyah Sidorejo), Bpk. Khoirul Anwar (Kepala MI. Kanzul Ulum Mojolebak), Bpk. Bastomi (Kepala MI. Darul Ulum Ngabar), Bpk. H. Nur Hadi (Kepala MI. Rhoudlotul Muta’allim Penompo), Bpk. Drs. Budiono  perwakilan dari Bpk. H. Sukriaji (Kepala MI. Bustanul Ulum Sidogede).Awal tahun pembukaan langsung tercatat 40 siswa, suatu awal yang baik.

Pada tahun 1990 mandat Kepala Madrasah diserahkan kepada Bapak H.M. Sufa’i, yang menjabat hingga tahun 2000, yang dilanjutkan oleh Bapak H. Abd. Rachman, beliau adalah kepala sekolah ke-3.

Pada tahun 2010 Bapak H. Solikin, M.Pd menggantikan Bpk. H. Rachman menjadi di tangan Bpk. H. Solikin inilah MTs. Al-Musthofa semakin menunjukkan perkembangannya. Berbagai inovasi ditelurkan sehingga MTs. Al-Musthofa semakin dikenal masyarakat. Hingga saat ini siswa yang sudah dan sedang mengenyam pendidikan ± 2900 orang.

Melihat begitu eksisnya MTs.  Al-Musthofa dengan siswanya yang berprestasi tentu banyak yang bertanya apa rahasia dibalik kesuksesan ini. Pak Solikin menjawabnya, “Dibalik keeksisan itu, karena didukung dengan Bpk/Ibu gurunya juga berkompeten, mensupport siswa-siswi untuk selalu semangat dalam meningkatkan kualitas belajarnya.”

“Selain itu fasilitas serta sarana-prasarana selalu kami usahakan untuk melengkapinya. Apalagi kegiatan ekstra yang kami canangkan tahun ini semakin lengkap dan banyak sehingga siswa-siswi bisa memilih sesuka hati sesuai dengan bakat dan minat mereka.”

Dari awal berdiri hingga saat ini MTs. Al-Musthofa tidak henti-hentinya memperbaiki diri. Ini terbukti dengan visi dan misi kedepan yang dimiliki MTs. Al-Musthofa. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Drs. Budiono selaku Waka. Kurikulum MTs. Al-Musthofa. “Visi misi kedepan yang dimiliki MTs. Al-Musthofa adalah Al-Musthofa akan menjadi sekolah pilihan utama oleh masyarakat Mojokerto dan sekitarnya, bukan sekolahan pelarian, tetapi sekolahan utama.” jelas Pak Budi.(SKN, SWN, HF, LW)

1 Komentar

miftaqul khoiriyah ( 9c ) · 21 Januari 2018 pada 12:32

subahanallah ternyata al- Musthofaadalah sekolah favorit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *